Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apa itu offside dalam sepak bola?

Apa itu offside dalam sepak bola? Bola.co.id - Offside (atau juga dikenal dengan sebutan offisde trap) adalah suatu pelanggaran yang terja...

Apa itu offside dalam sepak bola?

Bola.co.id
- Offside (atau juga dikenal dengan sebutan offisde trap) adalah suatu pelanggaran yang terjadi di lapangan sepak bola saat seorang pemain mencoba membantu rekan satu tim dengan menyerang bola yang sedang dikendalikan oleh lawan, tetapi posisi pemain tersebut berada di sisi lawan atau di belakang garis pemain lawan saat bola tersebut dikendalikan oleh lawan.

Untuk bisa terkena offside, seorang pemain harus berada di belakang garis pemain lawan saat bola dikendalikan oleh lawan, dan juga harus memiliki niat untuk membantu rekan satu tim dengan menyerang bola tersebut. Jika terkena offside, maka wasit akan memberikan hukuman sebagai bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh pemain tersebut.

Offside merupakan suatu pelanggaran yang cukup sulit untuk dipertahankan oleh pemain, karena pemain harus memprediksi arah bola yang akan diterima rekan satu timnya, serta harus mempertimbangkan posisi pemain lawan yang juga berusaha membantu timnya. Oleh karena itu, offside seringkali menjadi momok bagi pemain sepak bola yang berusaha membantu timnya dengan menyerang bola.

Cara Menghindari Offside

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemain sepak bola untuk menghindari terkena offside:

1. Memastikan posisi berada di depan garis pemain lawan: Pemain harus memastikan posisi berada di depan garis pemain lawan saat bola dikendalikan oleh lawan. Ini akan membantu pemain untuk tidak terkena offside dan memiliki ruang yang lebih lapang untuk menyerang bola.

2. Menunggu bola di daerah yang tepat: Pemain harus menunggu bola di daerah yang tepat, seperti di tepi lapangan atau di depan garis pemain lawan. Ini akan membantu pemain untuk tidak terkena offside dan memiliki ruang yang lebih lapang untuk menyerang bola.

3. Memprediksi arah bola yang akan diterima: Pemain harus memprediksi arah bola yang akan diterima oleh rekan satu tim, dan berusaha untuk tidak terlalu dekat dengan rekan satu tim saat bola tersebut dikendalikan oleh lawan. Ini akan membantu pemain untuk tidak terkena offside dan memiliki ruang yang lebih lapang untuk menyerang bola.

4. Mempertimbangkan posisi pemain lawan: Pemain harus mempertimbangkan posisi pemain lawan saat menyerang bola. Jika pemain lawan berada di belakang pemain, maka pemain harus menunggu bola di depan garis pemain lawan untuk menghindari terkena offside.

5. Meminta bola dari rekan satu tim: Pemain harus meminta bola dari rekan satu tim saat posisi pemain berada di depan garis pemain lawan. Ini akan membantu pemain untuk tidak terkena offside dan memiliki ruang yang lebih lapang untuk menyerang bola.

Cara Menjebak Lawan Agar Offside.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang pemain sepak bola untuk menjebak lawan agar terkena offside:

1. Menyalurkan bola ke arah lawan: Pemain dapat menyalurkan bola ke arah lawan dengan tepat saat lawan sedang berada di belakang garis pemain. Ini akan membuat lawan terkena offside karena posisi lawan di belakang garis pemain.

2. Menarik pemain lawan ke belakang garis: Pemain dapat menarik pemain lawan ke belakang garis dengan cara membuat lawan mengikuti gerakan pemain. Ini akan membuat lawan terkena offside karena posisi lawan di belakang garis pemain.

3. Menggunakan taktik pressing: Pemain dapat menggunakan taktik pressing untuk membuat lawan terdesak dan terpaksa mengendalikan bola di belakang garis pemain. Ini akan membuat lawan terkena offside karena posisi lawan di belakang garis pemain.

4. Menggunakan taktik menghalangi bola: Pemain dapat menggunakan taktik menghalangi bola untuk membuat lawan terdesak dan terpaksa mengendalikan bola di belakang garis pemain. Ini akan membuat lawan terkena offside karena posisi lawan di belakang garis pemain.

5. Memanipulasi posisi lawan: Pemain dapat memanipulasi posisi lawan dengan cara membuat lawan mengikuti gerakan pemain. Ini akan membuat lawan terkena offside karena posisi lawan di belakang garis pemain.

Catatan: Kami tidak menyarankan untuk mempraktikkan tindakan yang tidak sportsmanship (tidak sesuai dengan prinsip kejujuran dan keadilan dalam permainan) demi menjebak lawan agar terkena offside atau pelanggaran lainnya. Hal tersebut bertentangan dengan prinsip fair play dalam permainan sepak bola.




Reponsive Ads