Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

BERITA BOLA

latest

ADS

Turnamen Piala Afrika 2022 Dibayangi Konflik Kelompok Separatis dan Wabah Omicron

Turnamen Piala Afrika 2022 Dibayangi Konflik Kelompok Separatis dan Wabah Omicron bola.co.id - Kelompok separatis militan mengatakan mereka ...

Turnamen Piala Afrika 2022 Dibayangi Konflik Kelompok Separatis dan Wabah Omicron


bola.co.id - Kelompok separatis militan mengatakan mereka akan mengacaukan turnamen Piala Afrika 2022 dengan melakukan sejumlah konflik di venue pertandingan.

Sebelumnya, iring-iringan kendaraan lapis baja terlihat berpatroli di berbagai jalan kota Limbe, bagian barat daya Kamerun tempat diselenggarakannya pertandingan Piala Afrika.

Kamerun menyiapkan enam kota sebagai venue Piala Afrika, termasuk Limbe yang menjadi salah satu pecahnya perang dari kelompok bersenjata pada tahun 2017.

Konflik yang dimulai oleh kelompok separatis itu menginginkan pembentukan negara baru yang bernama Ambazonia. Hingga saat ini, konflik tersebut telah memakan 3.000 korban jiwa dan 1 juta orang pengungsi.

"Yang saya takutkan adalah fenomena ledakan bom yang baru-baru ini terjadi di bagian lain, itu bisa menjadi fenomena menegangkan selama Piala Afrika berlangsung,” kata salah seorang wartawan Honore Kuma yang dikutip dari Reuters.

Konflik yang disebabkan oleh kelompok separatis bukan salah satunya masalah yang timbul di turnamen Piala Afrika 2022. Wabah COVID-19 varian baru Omicron juga menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian ekstra.

Penyebaran varian Omicron akhir-akhir ini menjadi berita utama di berbagai belahan dunia. Bahkan varian ini juga menyebabkan sejumlah pertandingan sepakbola di kompetisi tertinggi Eropa mengalami penundaan akibat penyebarannya yang tergolong cepat.

Panitia penyelenggara Piala Afrika telah memastikan bahwa turnamen ini akan berjalan aman dengan menempatkan polisi bersenjata dan tentara serta membuat pos-pos pemeriksaan di sejumlah titik sekitar venue pertandingan.

“Piala Afrika akan berlangsung dalam kondisi yang sangat baik. Tidak ada alasan untuk khawatir,” kata Emmanuel Ledoux Engamba, pejabat senior wilayah Fako, Kamerun.

 

Sumber: Reuters, Antara

 

Tags: Piala Afrika 2022, Piala Dunia 2022,Piala Asia, Kelompok Separatis

ADS